More LCD TVs Save ElectricityLCD

TV LCD Makin Hemat Listrik

Kamis, 6 Januari 2011 | 08:53 WIB
BEKASI, KOMPAS.com - Menyikapi kondisi pasokan listrik di Indonesia yang belum stabil dan seringkali byar pet di daerah-daerah tertentu mendorong produsen perangkat elektronik untuk berinovasi untuk mengantisipasinya. Televisi hemat energi misalnya atau televisi yang tidak mati meskipun listrik padam. 
Itulah inovasi yang dibenamkan Toshiba pada TV LCD terbarunya yang disebut Power TV. Fransiska Maya, Senior Marketing Manager PT Toshiba Visual Media Network Indonesia saatmemperkenalkan di Bekasi Rabu (5/1/2011) kemarin mengatakan, peluncuran Power TV memang respon terhadap kondisi kelistrikan di Indonesia yang kurang memadai.
"Saat ini, banyak daerah di Indonesia yang masih belum terjangkau listrik. Selain itu, kualitas listrik di Indonesia juga masih belum baik. Voltase masih naik turun dan sering sekali terjadi pemadaman," ungkapnya.
Oleh karena itu, ia menjelaskan perlunya terobosan produk televisi yang mampu dioperasikan dengan daya yang rendah. Dengan inovasi itu, televisi bisa lebih hemat listrik dan bisa dipakai di daerah terpencil yang minim pasokan listrik. Salah satu seri bahkan dilengkapi baterai sehingga saat listrik mati, televisi tetap bisa menyala walaupun dengan waktu terbatas.
Ada 3 tipe Power TV yang ditawarkan Toshiba. Pertama dan termurah adalah Power Booster 1 dengan keunggulan dalam pencarian sinyal. Kedua adalah Power Saver 1 dengan kelebihan pada hemat listriknya. Ketiga Power Charger 1 yang dilengkapi dengan baterai.
Power Saver 1 (PS1) memiliki fitur Autoview. Ryo Praditya Lisanggono, Product Supervisor PT Toshiba Visual Media Network mengatakan bahwa fitur tersebut mampu menghemat penggunaan listrik.
"Autoview bisa mengoptimalkan kontras gambar sesuai kondisi terang gelapnya ruangan. Dengan demikian, penggunaan daya listrik bisa dikontrol sehingga bisa menghemat listrik tanpa mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan," jelasnya.
Selain fitur autoview, Power Saver 1 juga menggunakan LED sebagai sumber pencahayaannya. "'Kita bisa bandingkan, televisi biasa itu ibaratnya menggunakan lampu neon. Sementara, televisi ini dengan teknologi LED pasti lebih hemat listrik," papar Ryo.
Fransiska menambahkan, "Sebagai perbadingan, tipe Power Booster 24 inchi yang belum menggunakan LED memakan daya 65 Watt. Sementara, Power Saver 1 dengan teknologi LED hanya membutuhkan daya 39 Watt. Jadi, sangat signifikan hematnya."
Power Saver 1 tersedia dalam beragam ukuran mulai 24, 32 dan 40 inchi. Setiap ukuran memiliki kebutuhan daya yang berbeda. Misal, ukuran 32 inchi membutuhkan daya 62 Watt, 30 Watt lebih rendah dari Power Booster ukuran sama.
Selain dari segi hemat listriknya, Power Saver 1 juga dilengkapi fitur 20 Watt Audio Output yang bisa menghasilkan suara baik. Dilengkapi juga Auto Signal Booster yang membantu pencarian sinyal sehingga gambar tetap jernih di mana pun berada.
Power Saver ukuran 24 inchi dibandrol dengan kisaran harga Rp 2,5 juta. Televisi ini juga memungkinkan pengguna untuk menikmati gambar High Definition (HD) serta bisa difungsikan sebagai PC monitor.

0 komentar:

Posting Komentar